Pages

Rabu, 20 November 2013

Studi Hadis

PENELITIAN RIJAL HADIS
oleh : Abdullah Zahir
IAT/Ushuluddin/2011/UIN SUKA YOGYA
Hadis Riwayat Imam an-Nasa'i tentang "Larangan Bersumpah Untuk Melariskan Dagangan" 

أَخْبَرَنِي هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ قَالَ أَخْبَرَنِي الْوَلِيدُ يَعْنِي ابْنَ كَثِيرٍ عَنْ مَعْبَدِ بْنِ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِيَّاكُمْ وَكَثْرَةَ الْحَلِفِ فِي الْبَيْعِ فَإِنَّهُ يُنَفِّقُ ثُمَّ يَمْحَقُ(رواه النسائ)[1]

Artinya:
“Telah mengabarkan kepada kami Harun bin Abdullah, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Usamah, ia berkata; telah memberitakan kepadaku Al Walid yaitu Ibnu Katsir dari Ma'bad bin Ka'b bin Malik dari Abu Qatadah Al Anshari bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Berhati-hatilah kalian dari sering bersumpah dalam berjual beli, karena sesungguhnya bisa jadi ia menjual kemudian dihilangkan berkahnya."[2]
Untuk melihat keshahihan sebuah Hadits, kaidah Ilmu Hadits menyatakan bahwa yang pertama kali peril diteliti adalah sanadnya. Bila sanadnya dinyatakan shahih, barulah matan-nya bias diperhatikan. Bila tidak, maka matannya dipandang tidak shahih lagi. Untuk menguji keshahihan sanad Hadits diatas, berikut ini akan ditelusuri idntitas para perawinya. Sample yang diambil adalah jalur: Nabi Muhammad SAW  Abi Qatadah al-Anshari  Ma’bad bin Ka’ab bin Malik  al-Walid (Ibnu Katsir)  Abu Usamah  Harun bin Abdillah  an-Nasa’i. Berikut ini identitas orang – orang yang meriwayatkan dari jalur tersebut.
1.      Abi Qatadah al-Anshari
Nama lengkapnya adalah Haris bin Rab’I dan ada juga yang mengatakan nama beliau adalah Nu’man bin Rab’I, nama masyhur beliau yakni al-Haris bin Rab’I as-Silmiy. Beliau memiliki kuniyah Abu Qatadah[3] sedangkan nama al-Anshari merupakan nama keturunan (nasab). Beliau wafat tahun 54 H[4] dan negeri semasa hidupnya di kota madinah hingga berumur 70 tahun. Beliau merupakan sahabat Nabi Muhammad Saw.
Guru-guru beliau adalah Nabi Muhammad Saw, Umar bin Khattab, dan Mu’ad bin Jabal, sedangkan murid-murid beliau yakni Anas bin Malik, Jabir bin Abdullah, Sai’id bin Ka’ab bin Nafi’, Abdullah bin Abi Qatadah (anaknya), Ma’bad bin Ka’ab bin Malik, dll[5].
Pendapat beberapa ulama hadis terhadap kredibilitas beliau dalam periwayatan hadis yakni beliau merupakan dari kalangan sahabat, yang berpenddapat demikian yakni Abu Hatim ar-Razi, Abu Hatim bin Hibban al-Busti, dan Ibnu Hajar al-Asqolani.[6]

2.      Ma’bad bin Ka’ab bin Malik
Nama lengkap beliau adalah Ma’bad bin Ka’ab bin Malik bin al-Qoin bin Ka’ab bin Sawad bin Ghanam bin Ka’ab bin Salamah. Nama mashurnya yakni Muhammad bin Ka’ab al-Anshari. Dari beberapa refrensi yang saya baca tidak dapat menemukan informasi mengenai waktu kelahiran beliau dan wafatnya namun yang saya dapati informasinya beliau hidup tinggal di kota madinah dan ia merupakan saudara Abdullah dan Ubaidillah dan Abdurrahman bani Ka’ab bin Malik dan beliau yang termuda[7].
Guru-guru beliau adalah Abi Qatadah al-Anshari, Jabir bin Abdillah, dan kedua saudaranya Abdullah dan Ubaidillah. Sedangkan murid-murid beliau adalah Usamah bin Zaid al-Laysti, al-Walid bin Katsir, Muhammad bin Ishaq bin Yasar, dll[8].
            Adapun beberapa penilaian ulama hadis tentang beliau yakni kebanyakan bersepakat bahwa beliau tsiqah dan diantara yang berpendapat yakni Abu Hatim bin Hibban al-Bustani, Ahmad bin Hanbal, Ibnu Hajar al-Asqalani, dll.[9]
3.      Al-Walid bin Katsir
Nama beliau adalah Walid bin Katsir dan nama beliau yang terkenal adalah al-Walid bin Katsir al-Qurosyi dan kuniyah beliau Abu Muhammad. Beliau lahir tahun 151 H dan tinggal di Kufah.[10]
Guru-guru beliau adalah Ma’bad bin Ka’ab bin Malik al-Anshari, Nafi’ Maula ibnu Umar, Ibrahim bin Abdullah bin Hunain, dll[11]. Sedangkan murid-murid beliau adalah Ibrahim bin Sa’ad, Abu Usamah (Hammad bin Usamah), Sofyan bin ‘Uyaynah, dll.
Penilaian ulama hadis tentang beliau yakni kebanyakan ulama bersepakat bahwa beliau tsiqah dan diantara ulama yang berpendapat yakni Ibrahim bin Sa’id az-Zuhri, Abu Hatim bin Hibban al-Bisyti, Ibnu Hajar al-Asqalani, dll.[12]
4.      Abu Usamah
Nama beliau adalah Hammad bin Usamah bin Zaid dan lebih terkenal dengan nama Hammad bin Usamah al-Qurosyi, beliau memiliki kuniyah sebagai Abu Usamah. Beliau tinggal di Kufah, lahir pada tahun 121 H dan wafat tahun 201 H ketika beliau sudah sampai umur 80 tahun[13].
Guru-guru beliau adalah Usamah bin Zaid al-Laytsi, Walid bin Katsir, Israil bin Yunus, dll. Sedangkan murid-murid beliau adalah Ibrahim bin Sa’id al-Jauhari, Harun bin Abdillah, Ahmad bin Ibrahim ad-Dauraqi, dll[14].
Penilaian ulama hadis terhadap beliau yakni kebanyakan ulama menyatakan bahwa beliau tsiqah dan diantara yang ulama yang berpendapat yakni Abu Hatim ar-Razi, Abu Bakar al-Baihaqi, Ibnu Hajar al-Asqalani, dll.[15]
5.      Harun bin Abdillah
Nama beliau adalah Harun bin Abdillah bin Marwan al-Baghdadi[16] dan lebih dikenal dengan Harun bin Abdillah al-Bazzar, beliau memiliki kuniyah sebagai Abu Musa karena beliau merupakan orang tua dari Musa bin Harun, tinggal di Baghdad dan beliau berumur sampai 71 tahun lamanya, beliau lahir tahun 172 H dan wafat 243 H[17].
Guru-guru beliau adalah Zaid bin al-Habbab, Abi Usamah (Hammad bin Usamah), Khalid bin Khoddas Abi Dhumroh Anas bin ‘Iyad[18], dll. Sedangkan murid-murid beliau adalah Abu Abdurrahman an-Nasa’i[19], Ibrahim bin Ishaq al-Harbi, Ibrahim bin Musa al-Jawzi, dll.
Penilaian ulama hadis terhadap beliau yakni kebanyakan ulama sepakat menyatakan bahwa beliau tsiqah dan diantara ulama yang berpendapat yakni Abu Hatim ar-Razi, Ahmad bin Hanbal, Ibnu Hajar al-Asqalani, dll.[20]
6.      An-Nasa’i
Nama lengkapnya adalah Ahmad bin Syu’aib bin Ali bin Sinan bin Bahr dan memiliki kuniyah Abu Abdurrahman. Beliau lahir tahun 215 H di Khurasan dan beliau wafat tahun 303 H di Damaskus.[21]
Guru-guru beliau diantaranya Qutaibah bin Sa’id, Ishaq bin Ibrahim, Abu Thahir bin as-Sarh, dll. Dan murid-murid beliau diantaranya Abu al-Qasim al-Thabarani, Hamzah bin Muhammad al-Kinani, Hasan bin Rasyiq, dll[22].
Persaksian ulama terhadap beliau diantaranya :
1. Abu ‘Ali An Naisaburi menuturkan; ‘beliau adalah tergolong dari kalangan imam kaum muslimin.’ Sekali waktu dia menuturkan; beliau adalah imam dalam bidang hadits dengan tidak ada pertentangan.’
2. Abu Bakr Al Haddad Asy Syafi’I menuturkan; ‘aku ridla dia sebagai hujjah antara aku dengan Allah Ta’ala.’
3. Abu Sa’id bin yunus menuturkan; ‘ beliau adalah seorang imam dalam bidang hadits, tsiqah, tsabat dan hafizh.’
4. Ad Daruquthni menuturkan; ‘Abu Abdirrahman lebih di dahulukan dari semua orang yang di sebutkan dalam disiplin ilmu ini pada masanya.’
5. Al Khalili menuturkan; ‘beliau adalah seorang hafizh yang kapabel, di ridlai oleh para hafidzh, para ulama sepakat atas kekuatan hafalannya, ketekunannya, dan perkataannya bisa dijadikan sebagai sandaran dalam masalah jarhu wa ta’dil.’
6. Al Mizzi menuturkan; ‘beliau adalah seorang imam yang menonjol, dari kalangan para hafizh, dan para tokoh yang terkenal.’[23]
           
            Dengan melihat analisa sanad hadits diatas, dapat dilihat bahwa seluruh periwayat hadits dalam sanad Imam an-Nasa’i diatas bersifat Tsiqah dan sanadnya bersambung dari sumber hadits yakni Rasulullah Muhammad SAW sampai kepada periwayat terakhir Imam an-Nasa’i yang sekaligus sebagai Mukharrij al- Hadits. Hal ini berarti sanad Hadits yang diteliti tentang “al-Munfiq Sil’ata bi al-Halfi al-Kadzib” yang diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’i berkualitas Shahih al- Sanad.



[1] Lihat Maktabah Syamilah bab al-Munfiq Sil’ata bi al-Halfi al-Kadzib, Juz 3, Halaman 477
[2] Lihat Lidwa Pusaka 9 Imam Bab Melariskan Dagangan dengan Sumpah Palsu no. Hadis 4384
[3] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu Al-Fadl Al-Asqolani As-Syafi’I, Tahdzibu at-Tahdzib (Beirut: Dar al-Fikr,1984), Juz. 2, hlm. 122
[4] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu Al-Fadl Al-Asqolani As-Syafi’I, Taqribu at-Tahdzib (Suriah: Dar ar-Rasyid,1986), Juz. 1, hlm. 666
[5] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu Al-Fadl Al-Asqolani As-Syafi’I, Tahdzibu at-Tahdzib (Beirut: Dar al-Fikr,1984), Juz. 12, hlm. 224
[6] Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software
[7] Yusuf bin Az-Zaki Abdurrahman Abu Al-Hajjaj Al-Mizzi, Tahdzibul Kamal (Beirut: Muassasatu ar-Risalah,1980), Juz 28, hlm. 236
[8] Ahmad bin Ali bin Munjawiyah al-Ashbahani Abu Bakr, Rijal Muslim (Beirut: Darul Ma’rifah,1407 H), Juz.2 hlm.246
[9] Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software
[10] Lihat Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software (No. Rawi:47815)
[11] Yusuf bin Az-Zaki Abdurrahman Abu Al-Hajjaj Al-Mizzi, Tahdzibul Kamal (Beirut: Muassasatu ar-Risalah,1980), Juz 31, hlm. 73
[12] Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software
[13] Lihat Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software (No. Rawi:13894)
[14] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu Al-Fadl Al-Asqolani As-Syafi’I, Tahdzibu at-Tahdzib (Beirut: Dar al-Fikr,1984), Juz. 3, hlm. 3
[15] Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software
[16] Yusuf bin Az-Zaki Abdurrahman Abu Al-Hajjaj Al-Mizzi, Tahdzibul Kamal (Beirut: Muassasatu ar-Risalah,1980), Juz 30, hlm. 96
[17] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu Al-Fadl Al-Asqolani As-Syafi’I, Taqribu at-Tahdzib (Suriah: Dar ar-Rasyid,1986), Juz. 1, hlm. 569
[18] Muhammad bin Hibban bin Ahmad Abu Hatim At-Tamimi Al-Busti, Ats-Tsiqot (Darul Fikr,1975), Juz 9, hlm. 239
[19] Ahmad bin Ali Abu Bakar al-Khotib al-Baghdadi, Tarikh Baghdadi (Beirut: Darul Kutub al-‘Ilmiyah), Juz. 14, hlm. 22
[20] Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software
[21] Iqbal M. Ambara & Teguh Susanto, Tokoh-Tokoh Super Inspiratif Pewaris Nabi (Jogjakarta: Sabil,2012), hlm. 85
[22] Iqbal M. Ambara & Teguh Susanto, Tokoh-Tokoh Super Inspiratif Pewaris Nabi, hlm. 86
[23] Lihat Lidwa Pusaka Software pada Biografi Imam an-Nasa’i

0 komentar:

Posting Komentar