PENELITIAN RIJAL HADIS
oleh : Abdullah Zahir
IAT/Ushuluddin/2011/UIN SUKA YOGYA
Hadis Riwayat Imam an-Nasa'i tentang "Larangan Bersumpah Untuk Melariskan Dagangan"
أَخْبَرَنِي هَارُونُ
بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ قَالَ
أَخْبَرَنِي الْوَلِيدُ يَعْنِي ابْنَ كَثِيرٍ عَنْ مَعْبَدِ بْنِ
كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ أَنَّهُ
سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِيَّاكُمْ
وَكَثْرَةَ الْحَلِفِ
فِي الْبَيْعِ فَإِنَّهُ يُنَفِّقُ ثُمَّ يَمْحَقُ(رواه النسائ)[1]
Artinya:
“Telah mengabarkan kepada kami Harun bin Abdullah, ia berkata; telah menceritakan kepada
kami Abu Usamah, ia berkata;
telah memberitakan kepadaku Al Walid yaitu Ibnu Katsir dari
Ma'bad bin Ka'b bin Malik dari Abu Qatadah Al Anshari
bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Berhati-hatilah kalian dari sering bersumpah dalam berjual beli, karena
sesungguhnya bisa jadi ia menjual kemudian dihilangkan berkahnya."[2]
Untuk melihat keshahihan sebuah Hadits, kaidah Ilmu
Hadits menyatakan bahwa yang pertama kali peril diteliti adalah sanadnya. Bila
sanadnya dinyatakan shahih, barulah matan-nya bias diperhatikan. Bila
tidak, maka matannya dipandang tidak shahih lagi. Untuk menguji keshahihan
sanad Hadits diatas, berikut ini akan ditelusuri idntitas para perawinya. Sample
yang diambil adalah jalur: Nabi Muhammad SAW
Abi Qatadah al-Anshari
Ma’bad bin Ka’ab bin Malik
al-Walid (Ibnu Katsir)
Abu Usamah
Harun bin Abdillah
an-Nasa’i. Berikut ini identitas orang
– orang yang meriwayatkan dari jalur tersebut.
1. Abi Qatadah al-Anshari
Nama lengkapnya adalah Haris bin Rab’I dan ada juga
yang mengatakan nama beliau adalah Nu’man bin Rab’I, nama masyhur beliau
yakni al-Haris bin Rab’I as-Silmiy. Beliau memiliki kuniyah Abu Qatadah[3]
sedangkan nama al-Anshari merupakan nama keturunan (nasab). Beliau wafat
tahun 54 H[4]
dan negeri semasa hidupnya di kota madinah hingga berumur 70 tahun. Beliau
merupakan sahabat Nabi Muhammad Saw.
Guru-guru beliau adalah Nabi Muhammad Saw, Umar bin
Khattab, dan Mu’ad bin Jabal, sedangkan murid-murid beliau yakni Anas bin
Malik, Jabir bin Abdullah, Sai’id bin Ka’ab bin Nafi’, Abdullah bin Abi Qatadah
(anaknya), Ma’bad bin Ka’ab bin Malik, dll[5].
Pendapat beberapa ulama hadis terhadap kredibilitas
beliau dalam periwayatan hadis yakni beliau merupakan dari kalangan sahabat,
yang berpenddapat demikian yakni Abu Hatim ar-Razi, Abu Hatim bin Hibban
al-Busti, dan Ibnu Hajar al-Asqolani.[6]
2. Ma’bad bin Ka’ab bin Malik
Nama lengkap beliau adalah Ma’bad bin Ka’ab bin
Malik bin al-Qoin bin Ka’ab bin Sawad bin Ghanam bin Ka’ab bin Salamah. Nama mashurnya
yakni Muhammad bin Ka’ab al-Anshari. Dari beberapa refrensi yang saya baca
tidak dapat menemukan informasi mengenai waktu kelahiran beliau dan wafatnya
namun yang saya dapati informasinya beliau hidup tinggal di kota madinah dan ia
merupakan saudara Abdullah dan Ubaidillah dan Abdurrahman bani Ka’ab bin Malik
dan beliau yang termuda[7].
Guru-guru beliau adalah Abi Qatadah al-Anshari,
Jabir bin Abdillah, dan kedua saudaranya Abdullah dan Ubaidillah. Sedangkan
murid-murid beliau adalah Usamah bin Zaid al-Laysti, al-Walid bin Katsir,
Muhammad bin Ishaq bin Yasar, dll[8].
Adapun beberapa penilaian ulama
hadis tentang beliau yakni kebanyakan bersepakat bahwa beliau tsiqah dan
diantara yang berpendapat yakni Abu Hatim bin Hibban al-Bustani, Ahmad bin
Hanbal, Ibnu Hajar al-Asqalani, dll.[9]
3. Al-Walid bin Katsir
Nama beliau adalah Walid bin Katsir dan nama beliau
yang terkenal adalah al-Walid bin Katsir al-Qurosyi dan kuniyah beliau
Abu Muhammad. Beliau lahir tahun 151 H dan tinggal di Kufah.[10]
Guru-guru beliau adalah Ma’bad bin Ka’ab bin
Malik al-Anshari, Nafi’ Maula ibnu Umar, Ibrahim bin Abdullah bin Hunain,
dll[11].
Sedangkan murid-murid beliau adalah Ibrahim bin Sa’ad, Abu Usamah (Hammad
bin Usamah), Sofyan bin ‘Uyaynah, dll.
Penilaian ulama hadis tentang beliau yakni
kebanyakan ulama bersepakat bahwa beliau tsiqah dan diantara ulama yang
berpendapat yakni Ibrahim bin Sa’id az-Zuhri, Abu Hatim bin Hibban al-Bisyti,
Ibnu Hajar al-Asqalani, dll.[12]
4. Abu Usamah
Nama beliau adalah Hammad bin Usamah bin Zaid dan
lebih terkenal dengan nama Hammad bin Usamah al-Qurosyi, beliau memiliki
kuniyah sebagai Abu Usamah. Beliau tinggal di Kufah, lahir pada tahun 121 H dan
wafat tahun 201 H ketika beliau sudah sampai umur 80 tahun[13].
Guru-guru beliau adalah Usamah bin Zaid al-Laytsi, Walid
bin Katsir, Israil bin Yunus, dll. Sedangkan murid-murid beliau adalah
Ibrahim bin Sa’id al-Jauhari, Harun bin Abdillah, Ahmad bin Ibrahim
ad-Dauraqi, dll[14].
Penilaian ulama hadis terhadap beliau yakni
kebanyakan ulama menyatakan bahwa beliau tsiqah dan diantara yang ulama
yang berpendapat yakni Abu Hatim ar-Razi, Abu Bakar al-Baihaqi, Ibnu Hajar
al-Asqalani, dll.[15]
5. Harun bin Abdillah
Nama beliau adalah Harun bin Abdillah bin Marwan al-Baghdadi[16]
dan lebih dikenal dengan Harun bin Abdillah al-Bazzar, beliau memiliki kuniyah
sebagai Abu Musa karena beliau merupakan orang tua dari Musa bin Harun, tinggal
di Baghdad dan beliau berumur sampai 71 tahun lamanya, beliau lahir tahun 172 H
dan wafat 243 H[17].
Guru-guru beliau adalah Zaid bin al-Habbab, Abi
Usamah (Hammad bin Usamah), Khalid bin Khoddas Abi Dhumroh Anas bin ‘Iyad[18],
dll. Sedangkan murid-murid beliau adalah Abu Abdurrahman an-Nasa’i[19],
Ibrahim bin Ishaq al-Harbi, Ibrahim bin Musa al-Jawzi, dll.
Penilaian ulama hadis terhadap beliau yakni
kebanyakan ulama sepakat menyatakan bahwa beliau tsiqah dan diantara
ulama yang berpendapat yakni Abu Hatim ar-Razi, Ahmad bin Hanbal, Ibnu Hajar al-Asqalani,
dll.[20]
6. An-Nasa’i
Nama lengkapnya adalah Ahmad bin Syu’aib bin Ali bin
Sinan bin Bahr dan memiliki kuniyah Abu Abdurrahman. Beliau lahir tahun
215 H di Khurasan dan beliau wafat tahun 303 H di Damaskus.[21]
Guru-guru beliau diantaranya Qutaibah bin Sa’id,
Ishaq bin Ibrahim, Abu Thahir bin as-Sarh, dll. Dan murid-murid beliau
diantaranya Abu al-Qasim al-Thabarani, Hamzah bin Muhammad al-Kinani, Hasan bin
Rasyiq, dll[22].
Persaksian ulama terhadap beliau diantaranya :
1. Abu ‘Ali An Naisaburi menuturkan; ‘beliau adalah
tergolong dari kalangan imam kaum muslimin.’ Sekali waktu dia menuturkan;
beliau adalah imam dalam bidang hadits dengan tidak ada pertentangan.’
2. Abu Bakr Al Haddad Asy Syafi’I menuturkan; ‘aku
ridla dia sebagai hujjah antara aku dengan Allah Ta’ala.’
3. Abu Sa’id bin yunus menuturkan; ‘ beliau adalah
seorang imam dalam bidang hadits, tsiqah, tsabat dan hafizh.’
4. Ad Daruquthni menuturkan; ‘Abu Abdirrahman lebih
di dahulukan dari semua orang yang di sebutkan dalam disiplin ilmu ini pada
masanya.’
5. Al Khalili menuturkan; ‘beliau adalah seorang
hafizh yang kapabel, di ridlai oleh para hafidzh, para ulama sepakat atas
kekuatan hafalannya, ketekunannya, dan perkataannya bisa dijadikan sebagai
sandaran dalam masalah jarhu wa ta’dil.’
6. Al Mizzi menuturkan; ‘beliau adalah seorang imam
yang menonjol, dari kalangan para hafizh, dan para tokoh yang terkenal.’[23]
Dengan melihat analisa sanad hadits
diatas, dapat dilihat bahwa seluruh periwayat hadits dalam sanad Imam an-Nasa’i
diatas bersifat Tsiqah dan sanadnya bersambung dari sumber hadits yakni
Rasulullah Muhammad SAW sampai kepada periwayat terakhir Imam an-Nasa’i yang
sekaligus sebagai Mukharrij al- Hadits. Hal ini berarti sanad Hadits
yang diteliti tentang “al-Munfiq
Sil’ata bi al-Halfi al-Kadzib” yang diriwayatkan
oleh Imam an-Nasa’i berkualitas Shahih al- Sanad.
[2] Lihat Lidwa Pusaka 9 Imam Bab
Melariskan Dagangan dengan Sumpah Palsu no. Hadis 4384
[3] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu
Al-Fadl Al-Asqolani As-Syafi’I, Tahdzibu at-Tahdzib (Beirut: Dar
al-Fikr,1984), Juz. 2, hlm. 122
[4] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu
Al-Fadl Al-Asqolani As-Syafi’I, Taqribu at-Tahdzib (Suriah: Dar
ar-Rasyid,1986), Juz. 1, hlm. 666
[5] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu
Al-Fadl Al-Asqolani As-Syafi’I, Tahdzibu at-Tahdzib (Beirut: Dar
al-Fikr,1984), Juz. 12, hlm. 224
[6] Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software
[7] Yusuf bin Az-Zaki Abdurrahman
Abu Al-Hajjaj Al-Mizzi, Tahdzibul Kamal (Beirut: Muassasatu
ar-Risalah,1980), Juz 28, hlm. 236
[8] Ahmad bin Ali bin Munjawiyah
al-Ashbahani Abu Bakr, Rijal Muslim (Beirut: Darul Ma’rifah,1407 H),
Juz.2 hlm.246
[9] Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software
[10] Lihat Tahdzibul Kamal di Gawami
al-Kalim Software (No. Rawi:47815)
[11] Yusuf bin Az-Zaki Abdurrahman
Abu Al-Hajjaj Al-Mizzi, Tahdzibul Kamal (Beirut: Muassasatu
ar-Risalah,1980), Juz 31, hlm. 73
[12] Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software
[13] Lihat Tahdzibul Kamal di Gawami
al-Kalim Software (No. Rawi:13894)
[14] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu
Al-Fadl Al-Asqolani As-Syafi’I, Tahdzibu at-Tahdzib (Beirut: Dar
al-Fikr,1984), Juz. 3, hlm. 3
[15] Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software
[16] Yusuf bin Az-Zaki Abdurrahman
Abu Al-Hajjaj Al-Mizzi, Tahdzibul Kamal (Beirut: Muassasatu ar-Risalah,1980),
Juz 30, hlm. 96
[17] Ahmad bin Ali bin Hajar Abu
Al-Fadl Al-Asqolani As-Syafi’I, Taqribu at-Tahdzib (Suriah: Dar
ar-Rasyid,1986), Juz. 1, hlm. 569
[18] Muhammad bin Hibban bin Ahmad
Abu Hatim At-Tamimi Al-Busti, Ats-Tsiqot (Darul Fikr,1975), Juz 9, hlm.
239
[19] Ahmad bin Ali Abu Bakar
al-Khotib al-Baghdadi, Tarikh Baghdadi (Beirut: Darul Kutub
al-‘Ilmiyah), Juz. 14, hlm. 22
[20] Tahdzibul Kamal di Gawami al-Kalim Software
[21] Iqbal M. Ambara & Teguh
Susanto, Tokoh-Tokoh Super Inspiratif Pewaris Nabi (Jogjakarta:
Sabil,2012), hlm. 85
[22] Iqbal M. Ambara & Teguh
Susanto, Tokoh-Tokoh Super Inspiratif Pewaris Nabi, hlm. 86
[23] Lihat Lidwa Pusaka Software pada
Biografi Imam an-Nasa’i
0 komentar:
Posting Komentar